Rabu, 10 Juli 2019

Kelas TATABOGA dan persiapan pertama menjadi seorang “KOKI”

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hari ini saya berniat membagi ilmu yang baru saya dapat dari kelas yang saat ini sedang saya jalani, yaitu kelas TATABOGA, sebagai murid ajaran baru, dihari pertama saya di ajarkan untuk menjadi seorang koki profesional. Saya di ajarkan tentang persiapan-persiapan apa saja yang harus saya persiapkan sebelum memulai memasak. Lalu saya juga diperkenalkan dengan alat-alat dapur yang nanti akan saya gunakan. Singkat cerita, langsung saja saya bahas:

Langkah pertama adalah "Kesiapan Diri"

Kesiapan diri ini sangat penting sebagai acuan sebelum memulai suatu kegiatan, entah itu untuk memasak atau hal lain sebagainya. Sebelumnya kita harus benar-benar yakin bahwa diri kita sudah benar-benar dalam keadaan sehat, baik itu mental maupun fisik, tidak dalam keadaan sakit, pengaruh minuman beralkohol atau pun sejenisnya. Nah untuk melengkapi, kesiapan diri juga bisa di kaitkan dengan persiapan pada diri. Seperti pakaian apa saja yang harus digunakan, alat alat dan bagaimana cara menggunakannya.

1.) Chef Coats / Apron

Chef Coats (Jaket Koki) adalah seragam koki tradisional, termasuk
- Toque Blanche
- Jacket double-breasted putih
- Celana dalam pola houndstooth hitam putih

Seragam ini adalah seragam kerja yang umum di dunia barat. Fungsi guna utama dari Chef Coat adalah untuk melindungi koki baik dari panas kompor atau oven, serta juga dari tumpahan disengaja atau percikan cairan panas. Dia menangani ini dengan didasarkan konstruksi kapas yang ganda. disamping membagikan penghalang termal efektif, Chef Jaket juga melindungi pakaian koki dari noda yang biasa berkaitan dengan menyiapkan makanan.

Sedangkan Apron (Celemek) :

Apron / Celemek dalam bahasa inggris secara umum berarti sepotong kain atau kulit yang digunakan untuk menutup badan bagian depan sebagai salah satu alat pelindung diri atau lebih dikenal dengan istilah APD.

Tidak jauh berbeda dengan Chef Jaket, Apron juga digunakan untuk melindungi diri dari sengatan panas api serta menghindari percikan kotor dari bahan atau cairan zat tertentu.

Karena biasanya kita memasak dengan menggunakan tingkat api yang sangat tinggi (High Pressure) Oleh sebab itu pemakaian apron atau jaket koki ini sangat di wajibkan bagi para pemasak.

(Baca juga : Seragam Koki Serta Fungsi Kegunaannya)

Pemakaian apron juga sering disandingkan dengan topi penutup kepala (Topi Tinggi/Hat Cook). Tutup kepala sering digunakan oleh berbagai profesi, Seperti Koki, Juru masak, Petugas medis, atau Dokter di rumah sakit, pedagang ikan dan lain-lain.

Jenis dan bentuk topi yang dipakai pun berbeda-beda. Di dapur, ukuran dan bentuk topi penutup kepala yang dipakai dapat membedakan tingkat kerja dan profesi bagi si pemakai-nya.

(Baca juga : Macam-macam profesi chef sesuai  bentuk dan jenis topi yang dipakai)

2.) Serbet Makan

Dalam kelas ini saya juga di wajibkan memakai serbet makan, katanya ini juga termasuk dalam persiapan diri, karena serbet berguna untuk lap tangan, dan juga untuk membersihkan meja dari percikan noda. Disini kami diharuskan menyiapkan 2 serbet makan, satu untuk ditaruh di saku, satu lagi untuk di meja (untuk bersih-bersih)

Lanjut ke langkah kedua "Persiapan Alat"

Jadi untuk alat sebenarnya biasa aja sih ya, kami cuma disuruh mempersiapkan alat-alat seperti yang biasa digunakan dalam dapur pada umumnya. Seperti pisau dapur, panci/teplon, wajan, saringan tepung, mangkuk, piring, sendok dan lain sebagainya.

Karena di hari pertama belum ada praktik jdi kami hanya di ajarkan beberapa ilmu teori saja dulu tentang dapur, serta dikenalkan beberapa jenis alat dan jenis tepung. Akan saya bahas di artikel saya yang lain.

Terimakasih telah mampir~
Sampai jumpa di kelas boga selanjutnya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. ♡♡

#Salamtutupsaji 🍽 (*Dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar